November 07, 2010

PENGETAHUAN

http://herodessolution.wordpress.com/

PERILAKU
By HEROdes

A. Definisi

Dari segi biologis, perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisme (makluk hidup) yang bersangkutan. Menurut Skiner,1938 (cit Notoatmodjo, 2003) seorang ahli psikologi, merumuskan bahwa perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus (rangsangan dari luar). Oleh karena perilaku ini terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespon, maka teori Skiner ini disebut teori ”S-O-R” atau Stimulus – Organisme – Respon.

1. Perilaku kesehatan

Berdasarkan batasan perilaku dari Skiner tersebut, maka perilaku kesehatan pada dasarnya adalah respon seseorang terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan, serta lingkungan (Notoatmodjo, 1993)

Dari batasan ini, perilaku kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok:

1) Perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintanance)

Adalah perilaku atau usaha-usaha seseorang untuk memelihara atau menjaga kesehatan agar tidak sakit dan usaha untuk penyembuhan bilamana sakit.

2) Perilaku pencarian dan penggunaan sistem atau fasilitas pelayanan kesehatan atau sering disebut perilaku pencarian pengobatan (health seeking behavior)

Perilaku ini adalah menyangkut upaya atau tindakan seseorang pada saat menderita penyakit atau kecelakaan. Tindakan atau perilaku ini dimulai dari mengobati sendiri (self treatment) sampai mencari pengobatan ke luar negeri.

3) Perilaku keseimbangan lingkungan

Adalah bagaimana seseorang merespons lingkungan, baik lingkungan fisik maupun sosial budaya, dan sebagainya, sehingga lingkungan tersebut tidak mempengaruhi kesehatannya. Dengan perkataan lain, bagaimana seseorang mengelola lingkungannya sehingga tidak mengganggu kesehatan sendiri, keluarga atau masyarakatnya. Misalnya bagaimana mengelola pembuangan tinja, air minum, tempat pembuangan sampah, pembuangan limbah dan sebagainya.

Respon atau reaksi manusia, baik bersifat pasif (pengetahuan, persepsi dan sikap), maupun bersifat aktif (tindakan yang nyata atau practice). Perilaku terhadap sakit dan penyakit sesuai dengan tingkat-tingkat pencegahan penyakit antara lain : a) health promotion behavior, yaitu perilaku yang berhubungan dengan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, b) health prevention behavior, yaitu respon untuk melakukan pencegahan penyakit, c) health seeking behavior, yaitu perilaku yang berkaitan dengan pencarian pengobatan, dan d) health rehabilitation behavior, yaitu perilaku yang berhubungan dengan pemulihan kesehatan setelah sembuh dari penyakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar