November 22, 2010

KONSEP KELUARGA

Keluarga
a. Konsep Dasar Keluarga
1) Pengertian
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan (Nasrul, 1998).
2) Fungsi keluarga
Menurut Nasrul (1998) meliputi :
a) Fungsi Biologis
Terdiri dari: i) untuk meneruskan keturunan; ii) memelihara dan membesarkan anak; iii) memenuhi kebutuhan gizi keluarga; iv) memelihara dan merawat anggota keluarga.
b) Fungsi Psikologis
Terdiri dari: i) memberikan kasih sayang dan rasa aman; ii) memberikan perhatian diantara anggota keluarga; iii) membina kedewasaan kepribadian anggota keluarga; iv) memberikan identitas keluarga.
c) Fungsi sosialisasi
Terdiri dari: i) membina sosialisasi pada anak; ii) membentuk norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
d) Fungsi ekonomi
Terdiri dari: i) mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga; ii) pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga; iii) menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga dewasa yang akan datang misalnya pendidikan anak-anak, jaminan hari tua dan sebagainya.
e) Fungsi pendidikan
Terdiri dari: i) menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk perilaku anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki; ii) mempersiapkan anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi peranannya sebagai orang dewasa; iii) mendidik anak sesuai dengan tingkat-tingkat perkembangannya.
b. Keluarga sebagai unit yang dirawat
Alasan keluarga sebagai unit pelayanan (Nasrul, 1998)
1) Keluarga sebagai unit utama masyarakat dan merupakan lembaga yang menyangkut kehidupan masyarakat.
2) Keluarga sebagai suatu kelompok dapat menimbulkan, mencegah, mengabaikan atau memperbaiki masalah kesehatan dalam kelompoknya.
3) Masalah kesehatan dalam keluarga saling berkaitan dan apabila salah satu anggota keluarga mempunyai masalah kesehatan akan berpengaruh terhadap anggota keluarga yang lain.
4) Dalam memelihara kesehatan anggota keluarga sebagai individu (pasien) keluarga tetap berperan sebagai pengambil keputusan dalam memelihara kesehatan para anggotanya.
5) Kelurga merupakan perantara yang efektif dan mudah untuk berbagai upaya kesehatan masyarakat.
c. Tugas keluarga dalam bidang kesehatan
Menurut Nasrul (1998), tugas keluarga dalam bidang kesehatan meliputi:
1) Mengenal gangguan perkembangan kesehatan setiap anggotanya.
2) Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat.
3) Memberikan perawatan kepada anggota keluarganya yang sakit dan tidak dapat membantu dirinya sendiri karena cacat atau usianya yang terlalu muda.
4) Mempertahankan suasana rumah yang menguntungkan kesehatan dan perkembangan kepribadian anggota keluarga.
5) Mempertahankan hubungan timbal balik antara keluarga dan lembaga-lembaga kesehatan yang menunjukkan pemanfaatan dengan baik fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar